SHOCKDOWN LATTE ART COMPETITION & FOOD PHOTOGRAPHY CONTEST – POHON KOPI SURABAYA

0
6

Minggu 31 Januari 2016, adalah hari dimana event yang sudah dinanti para peserta food photography dan shockdown latte art ini diselenggarakan. terhitung sekitar 70 peserta yang sudah melakukan pendaftaran sebelum acara ini satu per satu melakukan registrasi ulang dihadapan para panitia masing-masing event.

Event yang diselenggarakan pertama kali oleh pohon kopi ini berkolaborasi dengan huntingkuliner.com sebagai media partner untuk peliputan acara dan  sekaligus sebagai panitia acara food photography.  Untuk Popi sendiri mereka menggelar acara yang spektakuler yang sangat dinanti oleh  para barista yaitu Shockdown Latte Art. Dimana para peserta latte art ini akan diuji kemampuannya untuk membuat latte art di media yang sudah ditentukan oleh panitia. Penasaran seperti apa nantinya? ikutin terus sampai selesai.

Btw, ada yang unik dari tempat ini, semua foto pelanggannya di abadikan didinding ini, agar bisa bernostalgia sewaktu mereka kesini lagi.

Selama beberapa ronde kedepan, para barista akan bercengkrama dengan alat yang satu ini.

Sebelum memasuki pertarungan yang mendebarkan ini, para peserta diundi untuk menentukan head to head dengan siapa lawannya supaya terjadi fairplay,. well done bro.

para peserta pun memulai aksinya dan menunjukkan skill nya untuk membuat latte art yang diminta oleh panitia di ronde pertama ini. Rata-rata peserta sudah  lihai melukis di media cangkir seperti ini, dan sepertinya ini sudah menjadi makanan sehari-hari

Suasana menjadi semakin ramai ketika para peserta dari food photography ini turun dan mengambil moment yang terbaik mereka.

So this is it, hasil dari peserta atte art yang selanjutnya akan dinilai oleh para juri.

Penjurian disini dilakukan oleh owner pohon kopi yaitu teman saya sendiri yang bernama Yuri Margono, atau lebih sering dikenal sebutan master disini, senior barista di Pohon Kopi yaitu Ali Mahfudi a.k.a cak Beud dan ada perwakilan masyarakat pecinta kopi yang bernama Pak Hari. Adapun kriteria penting dari penilaian ini yaitu : 1. Pattern, bentuk harus sesuai dengan yang diinginkan panitia, 2. Gradasi warna: disini warna kopi dan susu harus terlihat jelas, 3. Foam: harus terlihat lembut dan tidak boleh bubling(berbuih).

Disaat itu juga event food photography nya dibuka langsung oleh partner in crime saya, maklum hari itu saya harus menghandle peliputan 2 event sekaligus, untuk event photography nya berada di lantai 2 dan Latte art di lantai 1, jadilah saya yang mondar mandir, oohh..i think i need an extra enegy for this.

Sambil menunggu makanan yang akan difoto, para peserta FP ini kami bagi menjadi 4 grup, dan grup pertama tadi sudah diberi kesempatan untuk mengambil moment di bawah.

sedangkan untuk grup yang lainnya mulai berebut untuk mengambil posisi strategis, saya lihat disini beberapa peserta ada juga yang sudah sering terlihat di kompetisi seperti ini tapi ada juga yang pemula. Untuk kesulitan kali ini terlihat dari banyaknya peserta dalam grup dan kondisi tempat yang minimalis. Tapi disinilah challenge nya, peserta akan berpikir keras untuk bisa mengambil angle yang pas dengan kondisi seperti ini.

Setelah ada kode dari panitia kalau final round dari kompetisi latte art dimulai sayapun langsung turun dan mengabadikan momen tersebut.So this is the SHOCKDOWN LATTE ART COFFEE, sesuai temanya yaitu para peserta diuji dengan membuat latte art di sebuah sendok sup Sungguh tak disangka oleh semua peserta yang mengikuti kompetisi ini, alhasil para baristapun harus berbikir keras agar bisa membuatnya dengan sempurna.

Sepanjang karir saya, baru kali ini ada event food photography yang diselenggarakan secara gratis dan asiknya juga peserta juga disuguhi makan siang gratis oleh pihak penyelenggara (pohon kopi).

Menurut pengalaman pria yang doyan banget plesiran ini menilai bahwa event kali ini peserta harus have fun, karena akan menguras pikiran dan harus mampu menjaga mood masing-masing. Saya sangat salut dengan pria ini, sungguh sangat memperhatikan para pesertanya.

Ibarat kata neh.. Kalau om senang…semua pasti ikutan senang, lol.

Menurut perwakilan dari komunitas dpolis yang turut menjadi supporting event, mr. Sammy ini mengaku kalau acara ini bagus sekali dan apalagi mendapat makanan gratis dari popinya langsung.

So guys.. sampailah kita pada puncak acara yang dipersembahkan oleh Pohon Kopi ini, dan pemenang kedua pada latte art competition ini diraih oleh Dwiki dari Surabaya

Dan posisi pertama diraih oleh Krisna dari Malang. Well Done Brader…dan sampai ketemu lagi di event berikutnya. Sedangkan untuk para peserta food photography contest harap bersabar karena panitia masih memilih foto yang terbaik dari kalian, So, stay tune terus yak.

Ini dia hasilnya, susah juga ya.

Akan tetapi lain lagi dengan perwakilan dari komunitas Instasurabaya yang juga menjadi supporting event acara ini, dia mengatakan memang acara ini sudah bagus, tapi untuk kedepannya peserta kalau bisa dibatasi jika mengingat tempatnya yang kurang luas untuk peserta kali ini. Mungkin ini bisa jadi masukan buat kami juga untuk kedepannya, thank you bro.

Well…itulah rangkaian seluruh acara yang diselenggarakan oleh kafe pohon kopi Surabaya yang super seru  acaranya, semoga bisa terselenggara lagi tahun depan. See ya..

-Anton Mahaputra-

Foodhunters Comments